Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Nasional (Unas) resmi menjalin hubungan kerja sama dengan FISIP Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar. Kerja sama tersebut diresmikan di dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang diresmikan oleh kedua belah pihak pada Senin, 14 Juni 2021. MoU tersebut ditandatangani oleh Dekan FISIP Unas, Dr. Zulkarnain, M.Si., dan juga Dekan FISIP Unhas, Prof. Dr. Armin, M.Si.

Berdasarkan surat keputusan, kerja sama yang disepakati di dalam MoU tersebut meliputi penyelenggaraan penelitian dan publikasi bersama, seminar, studi banding, kuliah umum, dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang ilmu sosial.

Wakil Dekan Bidang Akademik FISIP Unas, Dr. Ahmad Muksin, M.Si., mentatakan bahwa tujuan diadakannya kerja sama ini yaitu untuk menghasilkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkompeten dalam melaksanakan kegiatan yang ada di dalam ilmu-ilmu sosial dan politik. Dalam kata sambutannya pula, ia menyatakan bahwa kerja sama ini juga dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan dan memperoleh manfaat bagi FISIP Unas dan FISIP Unhas, sehingga dapat meningkatkan kualitas fakultas, tidak hanya dari internal saja melainkan juga eksternal. Ia berharap kerja sama ini akan terus berlanjut dan membuka akses serta pintu kolaborasi lainnya di berbagai lingkup ilmu sosial.

Sementara itu, Dekan FISIP Unhas, Prof. Dr. Armin, M.Si., menyatakan bahwa kerja sama antar fakultas ini diharapkan dapat memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, yang diharapkan dapat meningkatkan produktifitas bagi para dosen dan mahasiswa. Lebih lanjut, ia menyatakan bahwa melalui kegiatan bersama nantinya, ia yakin akan banyak hal baru yang bisa dilakukan, seperti saling bertukar pikiran dan pengalaman, sehingga pada akhirnya kegiatan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat dan meningkatkan kinerja fakultas masing-masing.

Penyelenggaran acara penandatanganan MoU ini dilakukan di Ruang Seminar Blok I Lantai III Universitas Nasional. Kegiatan ini diisi dengan pemaparan profil dan program studi fakultas oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Administrasi Umum FISIP Unas, Aos Yuli Firdaus, S.I.P., M.Si., dan juga Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FISIP Unhas, Dr. Hasrullah, M.A.

 

 

 

 

 

 

 

 

Di dalam acara ini juga dilakukan diskusi tentang implementasi kegiatan yang dimoderatori oleh dosen FISIP Unas, Drs. Hilmi Rahman Ibrahim, M.Si. Dalam acara ini, turut hadir Kepala Departemen Hubungan Internasional Unhas, Drs. Darwis, M.A., Ph.D, kemudian Ketua Program Studi Hubungan Internasional  FISIP Unas, Dr. Irma Indrayani, M.Si., serta jajaran kaprodi dan dosen dari FISIP Unas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *