Diva Devina Dewanto atau yang biasa dipanggil Diva adalah mahasiswa aktif di program studi Hubungan Internasional, Universitas Nasional. Ia adalah mahasiswa yang aktif mengikuti berbagai kegiatan sosial yang diselenggarakan baik itu oleh pihak kampus maupun luar kampus. Diluar kampus, ia juga aktif menjadi bagian dari relawan mengajar, dan program terakhir yang diikuti oleh Diva adalah Konferensi pemuda dan Proyek Internasional yang diselenggarakan oleh Istanbul Youth Summit 2021.

Mahasiswa berparas cantik dan memiliki senyum manis ini mengatakan bahwa keikutsertaannya dalam konferensi ini bertujuan untuk menyumbangkan segudang ide dan kecakapannya dalam pembuktian diri bahwa pemuda Indonesia memiliki sumber daya dan pemikiran yang kompeten, respektif, dan adaptif. Tidak hanya itu, keikutsertaanya dalam konferensi tersebut adalah untuk memperkenalkan budaya Indonesia kepada seluruh masyarakat dunia.

“Sebagai mahasiswa, ini adalah sebuah kehormatan untuk bisa mewakili kampus untuk ikut serta dalam konferensi seperti itu, yang dimana hal ini tentu dapat memperluas koneksi serta meningkatkan citra kampus di kancah Internasional, dan ini adalah bukti nyata bahwa mahasiswa Universitas Nasional bisa aktif dan berpartisipasi dalam mengusung gagasan-gagasan dan ide cermat dalam pembangunan sosial yang berskala besar di lingkup internasional”, tutur Diva ketika menemui Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Hubungan Internasional di kampus Universitas Nasional pada saat 2 bulan sebelum keberangkatannya ke Istanbul, Turki.

Melalui saudari Minarti, ketua umum HIMAHI Universitas Nasional periode 2020/2021 yang biasa dipanggil Nay, menyampaikan niat baik Diva untuk bertemu dengan pimpinan fakultas dan program studi Hubungan Internasional. Ketua prodi Hubungan Internasional Universitas Nasional, ibu Irma Indrayani S.IP., M.Si., yang di dampingi oleh Sekretaris prodi, ibu Gulia Ichikaya Mitzy S.IP., M.A., berbincang dengan Diva di ruangannya. Melalui perbincangan tersebut, pihak program studi Hubungan Internasional memberikan apresiasi terbaik untuk Diva dan mengucapkan rasa bangga yang sangat luar bisa atas keikutsertaannya dalam mengharumkan nama program studi Hubungan Internasional Universitas Nasional.

Pada kesempatan dan waktu yang sama, Diva juga difasilitasi oleh Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Nasional bidang kemahasiswaan, bapak Aos Yuli Firdaus, S.IP., M.Si. Diva juga mendapatkan dukungan baik secara materil maupun moril dari Universitas, dan banyak sekali selipan doa terbaik untuk Diva Devina Dewanto atas prestasi dan semangat yang dimiliki olehnya. Meskipun banyak sekali tantangan dan rintangan yang di Hadapi oleh Diva, seperti konferensi yang sempat diundur, dan dikarenakan kalang kabutnya pandemi Covid-19 yang masih saja menjadi batasan keberangkatan nya ke Turki. Ditambah pula pada dua minggu sebelum keberangkatan, Diva sempat dinyatakan positif Covid-19, dan hal ini yang kemudian membuatnya cemas dan was-was akan kegagalannya untuk berangkat. Tetapi berkat semua keraguan dan kuatnya tekad, akhirnya Diva berangkat pada 22 Maret 2021 melalui PCR Test Antigen yang menyatakan bahwa ia negatif Covid-19 dan bisa melakukan penerbangan ke Turki. Semua itu tidak mengurangi rasa percaya diri Diva untuk terus beriktihar.

Kita tunggu kabar baik dan prestasi berikutnya yang membanggakan dari seorang mahasiswa cerdas seperti Diva Devina Dewanto yang memiliki semangat dan terus produktif di tengah pandemi Covid-19 yang menimbulkan banyak keterbatasan dalam interaksi sosial. Ketua Umum HIMAHI Universitas Nasional mengharapakan semoga akan lebih banyak lagi Diva yang lain yang memiliki pretasi yang membanggakan serta dapat mengharumkan nama program studi Hubungan Internasional, Universitas Nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *