Jakarta (Universitas Nasional) – Program Studi Hubungan Internasional Universitas Nasional kembali menggelar Webinar yang bertajuk Ekonomi Politik Global Pasca Pandemi COVID-19 pada Rabu 22 Juli 2020. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada peserta mengenai pandemi Covid – 19 yang telah berlangsung beberapa bulan terakhir serta bagaimana kondisi ekonomi politik global pasca pandemi ini.

Menurut moderator Webinar ini, Bapak Fadlan Muzakki, keadaan ekonomi poltik global pasca pandemi covid – 19 menjadi penting untuk dibahas secara khusus oleh para penstudi Hubungan Internasional. Hal ini karena topik yang dibahas mengenai kondisi di berbagai belahan dunia pasca pandemi covid – 19 ini merupakan hal – hal fundamental dalam menganalisis lebih jauh mengenai pandemi ini.

Kegiatan yang berlangsung melalui aplikasi Zoom ini turut menghadirkan beberapa dosen Hubungan Internasional yang berasal dari beberapa Universitas berbeda di Indonesia, diantaranya Prof. Dr. Tulus Warsito dari Guru besar Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Dr. Irma Indrayani, M.Si. dosen HI Universitas Nasional, serta Drs. Makmur Keliat, Ph.D dosen FISIP Universitas Indonesia. Selain diikuti oleh mahasiswa/I Universitas Nasional, webinar ini juga diikuti oleh mahasiswa/I dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Topik yang dibahas masing – masing narasumber meliputi Totalitarianisme Global 2020: analisis dampak covid 19 dan flu spanyol dalam perspektif hubungan internasional oleh Prof. Tulus, Dampak Ekonomi Politik Global Pandemi Covid – 19 terhadap Indonesia oleh Dr. Irma, serta Ekonomi Politik Global Pasca Pandemi Covid 19 oleh Dr. Makmur.

Dalam penutup webinar ini, Bapak Fadlan Muzzaki menjelaskan bahwa peranan masyarakat baik itu dalam lingkup nasional ataupun internasional sangat penting dalam merespon kebijakan – kebijakan nasional. Baik itu dari segi yang berdampak pada kesehatan secara langsung maupun kebijakan nasional yang diimplementasikan berdasarkan dampak dari isu kesehatan tersebut, seperti halnya Covid – 19 dan pengaruhnya terhadap ekonomi.

Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan wawasan baru bagi para peserta serta dapat dijadikan referensi dalam menganalisis dampak pandemi Covid – 19 ini yang telah menyebabkan banyak perubahan dalam berbagai sektor kehidupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *