JAKARTA – Himpunan  Mahasiswa Hubungan Internasional (HIMAHI) Universitas Nasional (UNAS) melangsungkan talkshow bertajuk HI Fest, pada Selasa, (27/02). Mengemban tema ‘Get Along with English’, acara ini dihadiri oleh siswa-siswi SMA/SMK seJabodetabek, juga mahahasiswa    UNAS dari berbagai fakultas, dan merupakan acara tahunan dari HIMAHI yang sudah kedua kalinya dilaksanakan.

Bertempat di Aula Blok I Lantai IV UNAS, acara ini diisi dengan berbagai talkshow diantaranya dari mahasiswa UNAS Alya Masturah, Alumni UNAS, Dhini Sastroatmodjo, Ketua Prodi Hubungan Internasional, Drs. Reuspatyono, M.Si. mengenai Arti Strategis Indonesia sebagai Tuan Rumah ASIAN GAMES ke:18, dan special guest star oleh video creator instagram Andhika Wira atau yang dikenal dengan @skinnyfabs.

Ditemui disela-sela acara, Shellent Devianty Febriana selaku ketua pelaksana mengatakan, tujuan dari dilaksanakannya talkshow ini adalah HIMAHI ingin memperkenalkan prodi Hubungan Internasional kepada khalayak luas khususnya siswa-siswi SMA/SMK. “Memang yang paling utama adalah mau menarik para calon mahasiswa untuk tertarik dengan jurusan HI dan lebih bisa mengenal jurusan HI lebih dalam,” ujarnya.

Disinggung mengenai tema yang diangkat, perempuan semester 6 tersebut menambahkan, saat ini yang menjadi ketakutan terbesar dari calon mahasiswa HI adalah mengenai bahasa inggris. “Pokoknya dibenak orang-orang kalau mau masuk HI itu harus fasih bahasa inggris jadi mereka banyak yang takut. Jadi kita mau kasih ilmu ke mereka kalau bisa iho belajar bahasa inggris, bahasa inggris itu menyenangkan,” tuturnya.

Ditemui usai acara,  Alumni UNAS yang menjadi pembicara dalam talkshow tersebut, Dhini Sastroatmodjo mengatakan bahwa generasi saat ini penting sekali untuk mendalami bahasa inggris karena bahasa inggris adalah bahasa dunia, “Menurut saya bahasa inggris itu sebagai jembatan penghubung antara satu bangsa dengan bangsa lain, satu individu dengan individu lain, dan dengan bahasa tersebut kita bisa mempermudah komunikasi,” imbuhnya.

Perempuan yang kini bekerja sebagai tenaga ahli Komisi I DPR RI itu menambahkan, dengan pandai berbahasa inggris pun dapat memperluas jaringan pertemanan dan memperluas komunikasi. Dalam presentasinya ia juga menyarankan untuk banyak membaca buku berbahasa inggris dan perbanyak latihan komunikasi dengan bahasa inggris.

“Manfaatkan sosial media dengan baik karena itu jalan buat bisa mendapatkan banyak akses informasi khususnya bahasa inggris. Cobalah belajar dari internet, film, musik, dan translate artinya. Semua itu gampang kalau memang sudah niat dan kalian lakukan,” tegasnya.

Dalam akhir wawancaranya, gadis lulusan UNAS tahun 2012 ini  menegaskan, para lulusan HI nantinya harus memiliki skill yang dapat membedakan dirinya dengan orang lain. “Setiap orang punya keunikan masing-masing, dan dengan keunikan tersebut kita bisa buat diri kita beda. intinya apapun yang menonjol dari diri kalian asah dengan baik dan itu yang akan menjadi modal buat kalian lulus nanti,” tutupnya.(*NIS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *